Wednesday, March 29, 2017

WISATA MALANG TIMUR

PERNAHKAH ANDA BERKUNJUNG KESINI?

Sesaat melongok kondisi Wisata Air Pemandian Sumberringin (kebetulan pada saat pengurasan dan pembersihan) di Desa Wringinsongo - Kecamatan Tumpang - Kabupaten Malang.

Sumberringin, adalah sebuah tempat wisata air yang sangat fenomenal, selain airnya yang jernih dan dingin, tempat ini juga sangat historis.

Sejak masa kanak-kanak saya di era tahun 1950an tempat ini sudah ada, dan pada waktu itu Sumberringin bisa jadi ikon dan primadona wisata untuk wilayah Tumpang dan sekitarnya, bisa dipastikan setiap Hari Raya Lebaran, tempat ini selalu penuh sesak oleh pengunjung.


Namun sayang kiranya, pada sampai saat ini Sumberringin ternyata tak banyak mengalami kemajuan yang signifikan meskipun sudah ada beberapa tambahan wahana bermain dan fasilitas penunjang, kalau boleh disimpulkan rupanya pihak pengelola masih kurang jeli memanfaatkan "sumberdaya" alam yang sudah tersedia untuk bisa dikemas dan dikembangkan untuk menjadi tempat wisata yang paling menarik dan diminati bagi warga Tumpang dan sekitarnya, sehingga bisa menjadi andalan untuk Pemasukan Kas Pembangunan Desa. Salah satunya adalah mengenai kolam renang yang ada itu sendiri, yang masih sangat kuno dan terkesan tak ada perbaikan, baik dari bentuk dan kebersihan serta keamanan.


Bisa dilihat sejak 50 tahun yang lalu hingga saat ini, kolam ini tak nampak ada perubahan, bahkan yang dulu ada bangunan "seluncuran" dibagian sisi utara kini sudah tak ada lagi.

Mungkinkah Sumberringin yang dulu pernah menjadi tempat favourite akan menjadi primadona lagi?
Wallahu'alam bisshawab...
(Bramatimoer)
Papan petunjuk menuju pemandian Sumberingin

Hampir tidak berubah setelah hampir sekian puluh tahun

Loket pembelian tiket

Dasar pemandian dan dinding kolam masih dari bangunan lama

Apabila memang ingin mempertahanakan nuansa alami, estetika juga sebaiknya diperhatikan biar lebih indah

Masih jadul dan terkesan seadanya

WC dan pembilasan terkesan dibuat seadanya

Apabila ada inovasi dan penanganan lebih baik, toh, hasilnya akan kembali kepada masyarakat sekitarnya juga

Jalanan utama menuju kolam

Ada potensi besar bila kita jeli, kalau tidak maka akan tergilas oleh tempat rekreasi yang lebih baru. Hanya dibutuhkan kemauan dan kerjasama dengan warga setempat agar memberikan nilai ekonomi untuk warga sekitarnya


0 komentar:

Post a Comment

Silakan berkomentar non SARA dan hal-hal yang bersifat Kebencian, karena ini adalah Majalah yang bersifat Inspirasi