Thursday, December 29, 2016

TERASA BEDANYA

Suatu kenikmatan yang bila terus menerus kita alami dan selalu terulang dari waktu ke waktu, biasanya akan hilang "nilai rasa" nikmatnya. Begitu juga dengan karunia alam dan lingkungan yang baik, tak akan bisa tahu lagi rasa nikmatnya sebelum dihadapkan pada pembandingnya. Maka biasanya rasa syukur akan muncul setelah kita mau introspeksi diri dengan hal-hal yang keadaannya dibawah kita. Jadi memang anjuran untuk selalu bersyukur dengan apapun yang kita punya dan nikmati memang benar adanya. (Malang, Desember 2016)

PADI

Pada beberapa kesempatan, kita sering menjumpai tanaman padi yang selalu tergenang air pada sawah-sawah penduduk. Bahkan mungkin pada imej sebagian besar kita menganggap bahwa padi adalah tanaman air. Padahal PADI BUKAN MERUPAKAN TANAMAN AIR. Seperti cuplikan dari situs Balai Besar Penelitian Tanaman Padi, Kementrian Pertanian : "..Padi merupakan tanaman yang memerlukan air, tetapi bukan tanaman air. Untuk menghasilkan 1 kg gabah hanya dibutuhkan rata-rata 1.432 liter air dibandingkan 1.150 liter air untuk menghasilkan 1 kg jagung. Jadi, dalam budidaya tanaman padi tidak harus digenangi terus menerus. Sehingga air bagi pertanian dapat dikelola ketersediaannya dan dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan". Dibeberapa negara dan bahkan negeri kita sendiri telah diuji coba teknologi SRI (System of Rice Intensification) yang diperkenalkan pertama kali oleh Fr. Henri de Laulanie, SJ, seorang Pastor Jesuit asal Prancis. Hasilnya luar biasa bagus dengan penggunaan air yang sangat efisien, disesuaikan daerah setempat yang minim air. (Malang, 20 Desember 2016)



Monday, December 26, 2016

NEGERI PUSAKA

Sepanjang perjalanan dengan kereta api dari Jakarta ke kota Malang, mata seperti dibasuh dengan warna hijau yang menyejukkan mata. Ada harapan kemakmuran di negeri ini. Ada potensi luar biasa disini. Negeri yang dikaruniai tanah subur dan air berlimpah disebagian besar wilayah. Terlihat ada batas cakrawala, yang sebenarnya justru tak membatasi kekayaan negeri pusaka nenek moyang. Dengan hati jernih dan pikiran positif, kita akan mensyukuri keberlimpahan dari Sang Maha Pencipta. Ayo bangkit negeriku, mimpilah seindah indahnya, kemudian bangun dan raihlah sekuat-kuatnya menjadi realita. Salam cinta untuk negeri (12 Des 2016)

MARKISAH MALANG

MARKISAH DI TUMPANG
Buah markisah yang sering dijumpai di Jakarta atau kebanyakan adalah yang kecil. Nah, buat Anda yang belum tahu buah markisah yang satu ini, silakan disimak gambar-gambarnya. Mungkin genus tanaman ini masih satu kerabat dengan labu siam yang biasa kita nikmati sebagai sayur pendamping nasi. Saya temui buah markisah besar ini dirumah ibu saya di Tumpang. Dan konon rasa, bentuk buah tidak berbeda dengan buah markisah yang kecil. (Foto : Didiet DSH,14 Desember 2016)