Friday, November 15, 2013

MANAJEMEN JALUR KOTA MALANG

Beberapa waktu lalu, beberapa warga menolak atas diterapkannya jalur baru di kota Malang. Mereka berpendapat akan berpengaruh terhadap pendapatan yang biasa didapatkan selama ini. Dan masih banyak lagi beberapa spanduk yang intinya keberatan atas adanya perubahan jalur ini. Memang pengaturan lalulintas itu bukan hal mudah, kemacetan sebenarnya adalah pemborosan besar-besaran yang tidak terasa. Ada baiknya perlu dipertimbangkan adanya angkutan massal, mensosialisasikan budaya "bike to work", menggencarkan terus "Car Free Day" sembari memotivasi warga untuk lebih efisien menggunakan kendaraan bermotor, memperbaiki mutu dan layanan angkutan umum, dll. Jangan menunggu sampai kondisi ini semakin kronis. (foto by Marz)

Wednesday, November 6, 2013

KALI ORANG TUMPANG

Kota Tumpang adalah salah satu kota yang mendapat berkah, karena posisinya yang strategis secara alami dan infrastruktur terdekatnya yaitu kota Malang dengan bandara udaranya. Kota ini dikelilingi pegunungan dengan pemandangan sebelah timur gunung Semeru, barat gunung Kawi dan Arjuno. Tumpang termasuk dataran tinggi yang relatif aman dari bahaya lava Semeru, bahkan gunung Bromo yang sempat batuk-batuk dan asapnya sampai pulau Madurapun, Tumpang tetap realtif aman dari asap ekstrimnya. Sebuah sungai mengalir hampir ditengah-tengah kota, suatu kondisi strategis untuk potensi agribisnis, maupun wisata. Namun sayang kondisi ideal tsb. belum meningkatkan kesadaran beberapa penduduknya, karena sebagian sungai dijadikan tempat pembuangan sampah. Disisi lain mungkin karena di hulunya banyak lahan yang dijadikan perumahan, debit air sungaipun kini jadi turun.
Saat ini beberapa elemen masyarakat dalam komunitas online segera turun tangan tanpa menunggu uluran tangan dari aparat setempat, untuk menyelamatkan kali Lajing dari degradasi fungsi alaminya. Usaha ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan akan sungai yang sudah memberi banyak manfaat pada kehidupan orang Tumpang.(foto by Aditya GP)